Diposting Oleh Ainuddin • 20 Juli 2023

Pendaftaran Ulang Calon Mahasiswa Baru Jalur SMM PTN-Barat tahun 2023

thumbnail

PENGUMUMAN

Nomor : 817/UN59/TM.01.00/2023

tentang

Pendaftaran Ulang Calon Mahasiswa Baru

Jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMM PTN-Barat)

Tahun 2023


Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri Barat (SMM PTN-Barat) yang dikeluarkan oleh BKS PTN Indonesia Wilayah Barat di laman  https://pengumuman.smmptnbarat.id, bagi siswa yang dinyatakan lulus di Universitas Teuku Umar WAJIB melakukan pendaftaran ulang secara daring (online) pada tanggal 20 – 30 Juli 2023  dengan rincian sebagai berikut:

A. Kelengkapan Berkas

Sebelum mengakses laman pendaftaran ulang, calon mahasiswa baru WAJIB memastikan nomor KTP/NIK telah online di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di wilayahnya masing-masing. Pengisian data harus berdasarkan dokumen resmi yang diakui negara, diantaranya: Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KTP (bila ada), Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat (bila ada), dan dokumen lainnya yang bersifat legal secara hukum, serta dianjurkan untuk terlebih dahulu mempersiapkan file berkas pendaftaran ulang yang akan diunggah.

Adapun berkas yang harus dipersiapkan calon mahasiswa sebagai berikut :

  1. File Scan Nilai Rapor semester 1 s.d 5.
  2. File Pas Foto terbaru latar belakang warna biru (foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi).
  3. File Scan Surat Keterangan Lulus (SKL) Asli, atau Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah (untuk siswa SMA/SMK/MA/Sederajat lulusan tahun 2023).
  4. File Scan Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat (untuk siswa lulusan tahun 2022 dan sebelumnya).
  5. File Kartu peserta SMM PTN-Barat (asli).
  6. File Pernyataan Pembayaran SPI (asli) yang telah ditandatangani, dapatkan di akun SMM PTN-Barat masing-masing (bila ada).
  7. File Scan Kartu Keluarga (KK) asli.
  8. File Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Siswa (bila ada)
  9. File Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli Orangtua.
  10. File Scan Surat Pernyataan Mahasiswa Baru (dapatkan filenya di laman: https://s.id/lampirandaftarulang).
  11. File slip pembayaran/pembelian token listrik bulan terakhir, atau keterangan sumber listrik dari PLN/Institusi pemberi subsidi bagi yang tidak bayar listrik.
  12. File Foto rumah tampak depan seutuhnya, ruang tamu, dan ruang dapur, yang di dalam salah satu foto tersebut memperlihatkan calon mahasiswa dan seluruh keluarga yang bersangkutan.
  13. Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua:
    • Bagi PNS, Karyawan BUMN/BUMD, atau pegawai perusahaan swasta di tandatangani oleh bendahara instansi atau yang berwenang.
    • Bagi pekerjaan selain yang disebut sebelumnya menggunakan Surat Keterangan Penghasilan dari kepala desa setempat.
  14. Surat keterangan kepemilikan rumah (milik sendiri, sewa, atau menumpang) dari kepala desa/kelurahan.

B. Tahap Pendaftaran Ulang

  1. Masing-masing berkas pada point A disimpan dalam bentuk soft file dengan format file JPG, JPEG, atau PDF dengan ukuran file maksimal 2 MB.
  2. Adapun langkah-langkah pengisian data pendaftaran ulang sebagai berikut:
    • Membuka laman https://pmb.utu.ac.id/login
    • Masukkan ID Pendaftar dan PIN
      • ID Pendaftar adalah Nomor Peserta SMM PTN-Barat
      • PIN adalah Tanggal Lahir (format : DDMMYYYY) D:Day/hari M:Month/Bulan Y:Year/tahun
    • Klik “Login”
      • Jika nomor pendaftaran valid maka akan muncul formulir isian pendaftaran ulang
    • Lengkapi Formulir Pendaftaran Ulang yang terdiri dari :
      • Biodata
      • Berkas Administrasi
      • Pengumpulan Data
      • Hasil Seleksi, dan
      • Daftar Ulang.
  3. Pengisian formulir dilakukan secara berurut dari atas kebawah atau dari bagian 1 (Biodata), kemudian bagian 2 (Berkas Administrasi), dst. Bagian selanjutnya (yang dibawah) tidak akan terbuka jika bagian sebelumnya (yang diatas) belum ada tanda ceklis (). Khusus bagian Daftar Ulang tidak ada tanda ceklis, cukup bisa terbuka saja.

CTANGGAL PENTING

Diinformasikan juga bagi calon mahasiswa baru Jalur SMM PTN-Barat untuk memperhatikan jadwal penting berikut :

  1. Pendaftaran Ulang : 20 – 30 Juli 2023
  2. Verifikasi Berkas oleh Tim : 20 – 31 Juli
  3. Penetapan dan Pembayaran UKT dan SPI : 3 – 13 Agustus 2023
  4. Silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) : 14 – 16 Agustus 2023
  5. Batas Pengisian KRS Mahasiswa Baru : 16 Agustus 2023
  6. Hari Permulaan Kuliah : 21 Agustus 2023

DINFORMASI LAINNYA

  1. Bagi calon mahasiswa yang terbukti melakukan pengisian data yang tidak benar akan diberikan sanksi dan digugurkan sebagai calon mahasiswa Universitas Teuku Umar.
  2. Setiap calon mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang dan/atau tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Teuku Umar.
  3. Penetapan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan tata cara pembayaran akan diumumkan kemudian.
  4. Setelah melakukan pendaftaran ulang, seluruh calon mahasiswa diharapkan secara rutin memantau laman www.utu.ac.id, pmb.utu.ac.id, dan media sosial resmi @akademik.utu untuk mendapatkan informasi terbaru.
  5. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
    • 0823-6533-43510 (WA Akademik Rektorat).
    • 0813-6045-5209 (Arfis)

 Demikian disampaikan untuk dapat dimaklumi.

  

Aceh Barat, 18 Juli 2023

Rektor,

dto

Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si

NIP 196412311986091001

Lampiran:

Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca Petunjuk Pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!