Diposting Oleh Ferawilyanti, S.E., M.M.. • 25 Juli 2024

PENDAFTARAN ULANG CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS TEUKU UMAR JALUR SELEKSI AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADIK) TAHUN 2024

thumbnail

 

PENGUMUMAN

Nomor : 580/UN59/TU.00.01/2024

 

Tentang

PENDAFTARAN ULANG CALON MAHASISWA BARU

UNIVERSITAS TEUKU UMAR JALUR SELEKSI AFIRMASI PENDIDIKAN TINGGI (ADIK) TAHUN 2024

 

Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADiK) Tahun 2024 pada tanggal 24 Juli 2024 yang ditetapkan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Tinggi (PUSLAPDIK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, bagi siswa yang dinyatakan lolos seleksi sebagai calon mahasiswa di Universitas Teuku Umar WAJIB melakukan registrasi di www.pmb.utu.ac.id  secara daring (online) mulai tanggal 26 Juli s.d 5 Agustus 2024  dengan cara sebagai berikut:

 

  1. MENYIAPKAN KELENGKAPAN BERKAS

Sebelum melakukan pendaftaran ulang, setiap calon mahasiswa baru harus memastikan Nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan tempat tanggal lahir telah sesuai antara Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, dan Ijazah SMA/Sederajat. Sebelum mengakses laman registrasi, dianjurkan untuk terlebih dahulu mempersiapkan file berkas pendaftaran ulang yang akan diunggah.

Masing-masing berkas yang tercantum dibawah ini di-scan atau di foto yang jelas dan rapi, kemudian disimpan dalam bentuk soft file dengan format file JPG, JPEG, atau PDF dengan ukuran file maksimal 2 MB.

Adapun berkas pendaftaran ulang yang harus dipersiapkan sebagai berikut :

 

  1. File Pas Foto terbaru latar belakang warna biru (foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi).
  2. File Scan Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Surat Keterangan Pelajar dari Sekolah (untuk siswa SMA/Sederajat lulusan tahun 2024).
  3. File Scan Ijazah SMA/Sederajat (untuk siswa lulusan tahun 2022 dan 2023).
  4. File Scan Kartu Keluarga (KK).
  5. File Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orangtua.
  6. File Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Siswa (bila ada)
  7. File Scan Kartu BPJS Kesehatan
  8. File Scan Surat Pernyataan Mahasiswa Baru (unduh filenya di link: https://s.id/lampirandaftarulang).

 

 

  1. TAHAP PENDAFTARAN ULANG

 

  1. Adapun langkah-langkah pengisian data pendaftaran ulang sebagai berikut:
    1. Membuka laman https://pmb.utu.ac.id/login
    2. Masukkan ID Pendaftar dan PIN

ID Pendaftar adalah Nomor Pendaftaran Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi

PIN adalah Tanggal Lahir (format : DDMMYYYY)

  1. Klik “Login”

Jika nomor pendaftaran valid maka akan muncul formulir isian pendaftaran ulang

  1. Lengkapi Formulir Pendaftaran Ulang yang terdiri dari :
  • Biodata
  • Berkas Administrasi
  • Pengumpulan Data
  • Hasil Seleksi, dan
  • Daftar Ulang.
    1. Pengisian formulir dilakukan berurut dari bagian atas ke bawah, contoh Bagian Berkas Administrasi tidak akan terbuka jika bagian sebelumnya (Biodata) belum lengkap yang ditandai dengan tanda ceklis (√), begitu juga dengan bagian Pengumpulan Data tidak mau terbuka jika bagian yang sebelumnya (Berkas Administrasi) belum diisi lengkap atau tertanda ceklis (√).
    2. Pada bagian Pengumpulan Data, klik kotak kecil untuk memberikan tanda ceklis (√) sebagai persetujuan bahwa data yang diisikan telah benar dan dapat dipertanggung jawabkan, kemudian klik “KUMPULKAN DATA”, akan muncul peringatan bahwa data tidak dapat diubah lagi, jika yakin klik “OK”.
    3. Berkas pendaftaran ulang dapat diverifikasi oleh tim verifikator setelah semua bagian terceklis (kecuali bagian daftar ulang memang tidak ada tanda ceklis).

 

 

  1. JADWAL KEGIATAN

 

Tanggal

Kegiatan

Keterangan

26 Juli 5 Agustus  2024

Pendaftaran Ulang

https://pmb.utu.ac.id/login

Verifikasi Berkas

oleh Tim Verifikator

13-15 Agustus 2024

Silaturahmi Mahasiswa Baru (SIMBA)

Auditorium Iskandar Muda

19 Agustus 2024

Hari Pertama Kuliah

 

 

  1. INFORMASI LAINNYA
  2. Bagi calon mahasiswa yang terbukti melakukan pengisian data yang tidak benar akan diberikan sanksi dan digugurkan sebagai calon mahasiswa Universitas Teuku Umar.
  3. Setiap calon mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang dan/atau tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Teuku Umar dan beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi.
  4. informasi Akademik lainnya akan disampaikan melalui laman dan media sosial resmi Universitas Teuku Umar, yaitu :
  • Laman resmi : https://utu.ac.id/ dan utu.ac.id
  • Media Sosial : Instagram @akademik.utu dan @kampus_utu

                           : Facebook @akademik UTU

Seluruh calon mahasiswa diharapkan secara rutin memantau laman dan media sosial resmi Universitas Teuku Umar untuk mendapatkan informasi terbaru.

  1. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
  2. Beasiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi

0811-6882-280 (Bpk. Irwandi);

  1. Pendaftaran Ulang :

0823-6533-43510 (WA Akademik Rektorat)

0813-6045-5209 (Bpk. Arfis)

 

Demikian disampaikan untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

 

 

Aceh Barat, 25 Juli 2024

Rektor,

 

     

 Prof. Dr. Drs. Ishak, M.Si

    NIP 196412311986091001

Lampiran:

Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca Petunjuk Pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!