Diposting Oleh Ainuddin • 22 Juni 2023

Pendaftaran Ulang Calon Mahasiswa Baru Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun 2023

thumbnail

PENGUMUMAN

Nomor : 707/UN59/TM.01.00/2023

tentang

Pendaftaran Ulang Calon Mahasiswa Baru

Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun 2023


Berdasarkan Pengumuman Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) yang dikeluarkan oleh Badan Pengelola Pengujian Pendidikan (BPPP), bagi siswa yang dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa di Universitas Teuku Umar WAJIB melakukan pendaftaran ulang secara daring (online) mulai tanggal 23 – 31 Juni 2023  dengan cara sebagai berikut :

 A. Kelengkapan Berkas

Sebelum mengakses laman pendaftaran ulang, calon mahasiswa baru WAJIB memastikan nomor KTP/NIK telah online di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di wilayahnya masing-masing. Pengisian data harus berdasarkan dokumen resmi yang diakui negara, diantaranya: Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, KTP (bila ada), Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat (bila ada), dan dokumen lainnya yang bersifat legal secara hukum, serta dianjurkan untuk terlebih dahulu mempersiapkan file berkas pendaftaran ulang yang akan diunggah.

Adapun berkas yang harus dipersiapkan calon mahasiswa sebagai berikut :

  1. File Scan Nilai Rapor semester 1 s.d 5.
  2. File Pas Foto terbaru latar belakang warna biru (foto tampak depan, wajah terlihat jelas, pakaian rapi).
  3. File Scan Surat Keterangan Lulus (SKL) Asli, atau Surat Keterangan Kelas XII dari Sekolah (untuk siswa SMA/SMK/MA/Sederajat lulusan tahun 2023).
  4. File Scan Ijazah SMA/SMK/MA/Sederajat (untuk siswa lulusan tahun 2022 dan 2021).
  5. File Kartu peserta SNBT Asli.
  6. File Scan Kartu Keluarga (KK) Asli.
  7. File Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Siswa (bila ada)
  8. File Scan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Orangtua Asli.
  9. File Scan Surat Pernyataan Mahasiswa Baru (dapatkan filenya di laman: https://s.id/lampirandaftarulang).
  10. File slip pembayaran/pembelian token listrik bulan terakhir, atau keterangan sumber listrik dari PLN/Institusi pemberi subsidi bagi yang tidak bayar listrik.
  11. File Foto rumah tampak depan seutuhnya, ruang tamu, dan ruang dapur, yang di dalam salah satu foto tersebut memperlihatkan calon mahasiswa dan seluruh keluarga yang bersangkutan.

 Tambahan bagi calon penerima KIP-Kuliah

  • Surat Pernyataan KIP Kuliah (dapatkan filenya di laman: https://s.id/lampirandaftarulang).
  • Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua:
  • Bagi PNS, Karyawan BUMN/BUMD, atau pegawai perusahaan swasta di tandatangani oleh bendahara instansi atau yang berwenang.
  • Bagi pekerjaan selain yang disebut sebelumnya menggunakan Surat Keterangan Penghasilan dari kepala desa setempat.
  • Surat keterangan tidak mampu dari kepala desa.
  • Surat keterangan kepemilikan rumah (milik sendiri, sewa, atau menumpang) dari kepala desa.
  • File Kartu Pendaftaran KIP Kuliah.
  • Sertifikat atau Piagam Penghargaan (bila ada).
  • Motivation Letter (dapatkan contohnya di laman: https://s.id/lampirandaftarulang).
  • File Kartu KIP Sekolah (bila ada).
  • File Kartu BPJS Kesehatan (bila ada).
  • File Kartu PKH (bila ada).

BTahap Pendaftaran Ulang

  1. Seluruh berkas pada point A disimpan dalam bentuk soft file dengan format file JPG, JPEG, atau PDF dengan ukuran file maksimal 2 MB.
  2. Adapun langkah-langkah pengisian data pendaftaran ulang sebagai berikut:
    • Membuka laman https://pmb.utu.ac.id/login
    • Masukkan ID Pendaftar dan PIN
      • ID Pendaftar adalah Nomor Peserta SNBT
      • PIN adalah Tanggal Lahir (format : DDMMYYYY) D:Day/hari M:Month/Bulan Y:Year/tahun
    • Klik “Login”
      • Jika nomor pendaftaran valid maka akan muncul formulir isian pendaftaran ulang
    • Lengkapi Formulir Pendaftaran Ulang yang terdiri dari :
      1. Biodata
      2. Berkas Administrasi
      3. KIP Kuliah (bagi yang mengajukan)
      4. Pengumpulan Data
      5. Hasil Seleksi, dan
      6. Daftar Ulang.
  3. Pengisian formulir dilakukan secara berurut dari atas kebawah atau dari bagian 1 (Biodata), kemudian bagian 2 (Berkas Administrasi), dst. Bagian selanjutnya (yang dibawah) tidak akan terbuka jika bagian sebelumnya (yang diatas) belum terceklis. Khusus bagian Daftar Ulang tidak ada ceklis.

CTANGGAL PENTING

Diinformasikan juga bagi calon mahasiswa baru Jalur SNBT untuk memperhatikan jadwal penting berikut :

  1. Pendaftaran Ulang : 23 – 31 Juni 2023
  2. Wawancara KIP-K : 8 – 9 Juli 2023
  3. Pengumuman KIP-K : 14 Juli 2023
  4. Penetapan dan Pembayaran UKT : 28 Juli – 6 Agustus 2023
  5. Silaturrahmi Mahasiswa Baru (SIMBA) : 14 – 16 Agustus 2023
  6. Batas Pengisian KRS Mahasiswa Baru : 16 Agustus 2023
  7. Hari Permulaan Kuliah : 21 Agustus 2023

D. INFORMASI LAINNYA

  1. Bagi calon mahasiswa yang terbukti melakukan pengisian data yang tidak benar akan diberikan sanksi dan digugurkan sebagai calon mahasiswa Universitas Teuku Umar.
  2. Setiap calon mahasiswa yang tidak melakukan pendaftaran ulang dan/atau tidak dapat memenuhi ketentuan pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Teuku Umar.
  3. Bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar KIP Kuliah (KIP-K), mekanisme seleksi dan pengumuman penerimaan beasiswa akan diumumkan kemudian.
  4. Penetapan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan tata cara pembayaran akan diumumkan kemudian.
  5. Setelah melakukan pendaftaran ulang, seluruh calon mahasiswa diharapkan secara rutin memantau laman utu.ac.id, pmb.utu.ac.id, dan media sosial resmi Universitas Teuku Umar untuk mendapatkan informasi terbaru.
  6. Untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi:
    • KIP-Kuliah : 0811-6882-280 (Irwandi);
    • Pendaftaran Ulang :
      • 0823-6533-43510 (WA Akademik Rektorat)
      • 0813-6045-5209 (Arfis)

Demikian disampaikan untuk dapat dimaklumi.

 

Aceh Barat, 22 Juni 2023

Rektor,

dto

Dr. Drs. Ishak Hasan, M.Si

NIP 196412311986091001

Lampiran:

Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!